Nonton Bioskop Sambil Ngemil Popcorn Timbun Banyak Lemak



Camilan popcorn kerap dianggap sebagai camilan yang rendah kalori. Tapi peneliti menemukan camilan popcorn yang dimakan bersama minuman di dalam bioskop terutama di Amerika memiliki kalori yang setara dengan 3 hamburger ukuran tiga perempat.

Dari hasil penelitian yang dilakukan Center for Science and Public Interest (CSPI) ditemukan bahwa popcorn ukuran sedang dan minuman pendampingnya rata-rata memiliki 1.160 kalori.

Jumlah ini cukup tinggi karena popcorn hanyalah makanan selingan bukan makanan pokok. Sementara kebutuhan kalori orang dewasa rata-rata 1.800-2.000 kalori.

Bayangkan dengan makan popcorn dan minumnnya, hampir tiga perempat kebutuhan kalori terpenuhi padahal makanan itu tidak mengenyangkan. Bahkan makan popcorn berbagi juga sama artinya dengan mengonsumsi lemak jenuh sehari penuh.

Ahli gizi senior CSPI Jayne Hurley mengatakan kebiasaan-kebiasaan kecil yang dilakukan masyarakat Amerika malah membuat mereka sulit mempertahankan berat badannya.

"Siapa yang menyadari ketika hanya menonton film di bisokop dan makan popcorn nilai kalori yang ditimbun sangat banyak," kaya Jayne seperti dilansir dari Telegraph.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Nutrition Action Healthletter juga menemukan bahwa camilan Reese's yang banyak dijual di bioskop Amerika memiliki kandungan kalori 1.160 dan 35 gram lemak jenuh yang setara dengan makan 16 ons steak dan kentang panggang mentega.

Popcorn seperti menjadi makanan wajib ketika nonton bioskop. Kalori yang tinggi karena rasa manis dan asin yang digunakan ditambah pemakaian minyak kelapa untuk memasaknya. Belum lagi penambahan mentega atau margarin yang memberikan kontribusi tinggi kalori dan lemak.

Sumber : http://id.shvoong.com

Post a Comment

0 Comments